• Sains
  • Inspirasi
  • Indeks
  • Sains
  • Inspirasi
  • Indeks

Dosen Unismuh Melatih Guru IPA Mengembangkan Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

IMG-20211009-WA0021

TOPIK TERKINI

Tidak Ada Konten yang Tersedia

Thepost.id- Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar yang terdiri dari Dian Safitri, S.Pd., M.Pd., Wira Yustika R, S.Farm., Apt.,M.Kes, dan Muhammad Wajdi, S.Pd., M.Pd berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul pengabdian: Pengembangan Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Gugus Binamu-Turatea.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unismuh Makassar melalui lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) ini terlaksana dengan baik dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan membagikan masker kepada para guru IPA sebagai peserta workshop, membagikan handsanitizer serta dilakukan pengecekan suhu kepada para peserta.

Dian Safitri mengatakan bahwa tujuan utama pendidikan adalah mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, bergantung pada keterampilan berpikir tingkat rendah. Artinya, untuk menguasai keterampilan berpikir yang lebih tinggi didasarkan pada keterampilan berpikir tingkat rendah. Siswa dalam mencapai keterampilan berpikir kritis (HOTS) memerlukan pengetahuan tentang konten materi pelajaran yang dimiliki sebelumnya.

HOTS saat ini menjadi pusat perhatian pendidikan. HOTS merupakan keterampilan yang dapat dilatihkan melalui pembelajaran. HOTS dapat berkembang dengan baik apabila dilakukan secara sengaja dan terencana melalui penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif (student centered). HOTS dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang sesuai dan lingkungan belajar yang memfasilitasi perkembangan berpikir siswa seperti halnya kegigihan siswa, pemantauan diri, sikap terbuka, dan sikap fleksibel. Implementasi model pembelajaran tidak semata-mata difokuskan pada transfer pengetahuan atau informasi yang pada akhirnya menghasilkan low order thingking (LOT) tetapi ditekankan pada pencapaian keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Berkaitan dengan pemberdayaan keterampilan berpikir tinggi, jika ingin mendorong keterampilan berpikir, maka pelaksanaan pembelajaran dan asesmennya harus dikelola secara sengaja untuk mendukung kepentingan itu. Asesmen keterampilan berpikir siswa harus didasarkan pada inti dari keterampilan penting yang berlaku pada situasi akademik, sehari-hari, kebaruan, dan mencakup
berbagai item tes yang memerlukan penalaran berkelanjutan.

Pembelajaran dan asesmen yang berorientasi pada HOTS secara teratur dan terencana membawa manfaat bagi guru dan siswa. Pemahaman guru terhadap berpikir siswa dan memproses apa yang dipelajari terus meningkat seiring dengan konsistensi guru menerapkan pembelajaran dan asesmen berpikir tingkat tinggi yang dirancang khusus. Akhirnya, keterampilan berpikir dan kinerja keseluruhan siswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran dan asssesmen yang berorientasi HOTS. Siswa belajar dengan membangun makna, memasukkan konten baru ke dalam representasi mentalnya. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan berpikir, sebenarnya juga meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konten.

Meskipun kegiatan ini dijalankan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan tetapi guru-guru IPA dari gugus Binamu-Turatea sangat antusias dalam mengikuti workshop pemgembangan asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Para peserta mendapatkan pengetahuan pentingnya keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengembagkan asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi, manfaat asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan menyusun asesmen keterampilan berpikir tinggi untuk mata pelajaran IPA.

TERPOPULER

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

LAINNYA

ADVERTISEMENT